Monday, March 11, 2013

Re: [backpackerdunia] Bedanya AA dan (kurangnya) Tiger/Mandala dalam hal Customer Care

 

Ok sutra lah, Its ok lah dgn philipina ya, cuma india, waktu itu voa baru di berlakukan, staf airasia memegang yg tidak up to date, terjadi perdebatan, hingga pesawat sudah boarding, flight saya dipindah besoknya.
Besoknya supervisor minta maaf ke saya, "mengakui Kekurangan Stafnya", indian embassy di jkt juga support dan mau bicara byphone dengan supervisor airasia, dan kasus ini saya lanjut by email dengan manajemen airasia.
Yg bikin saya bilang petugas AA lcct reseh, petugasnya sinis tanya saya mau kerja apa di india.(WTF), I'm not those guys.
Kalo airasia tight dgn travel dok,harus ada assest pre flight, apalagi sebaliknya kalo kesalahan ada di AA:cancel,delay berjam2, mereka lepas tangan, ini juga saya alami kemarin.
Pengalaman saya pribadi sebagai tour leader, belum pernah ketemu Staf airline lain,seperti di lcct.
You got what you pay.
At least, beri tau penumpang dok requirement. Trus penumpang jgn ditolak, kalo kurang di bantu. Dan setidaknya beri respek, jangan merendahkan.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

From: Louw <kristiantos@yahoo.com>
Sender: backpackerdunia@yahoogroups.com
Date: Mon, 11 Mar 2013 10:44:10 -0700 (PDT)
To: backpackerdunia@yahoogroups.com<backpackerdunia@yahoogroups.com>
ReplyTo: backpackerdunia@yahoogroups.com
Subject: Re: [backpackerdunia] Bedanya AA dan (kurangnya) Tiger/Mandala dalam hal Customer Care

 


Iya..memang aturan nya sudah seperti mas Guztuz,jadi di cermati saja! :)

Untuk komentar no 1,saya kurang mengerti,soal nya dulu pengalaman dengan Airasia melalui LCCT,selalu,oke-oke saja!ehehe jadi ndak bisa komentar banyak!

Untuk yg kedua,dulu pengalaman ke India,memang saya di begitukan juga dengan AA ketika cek in di LCCT,karena ndak punya visa India dan hanya akan menggunakan fasilitas VOA setiba nya di sana. tapi saya waktu itu ndak terlalu ribet juga.Santai-santai ajah,karena semua dokumen keperluan untuk mendapatkan VOA nya sudah saya persiapakan terlebih dahulu.jadi ndak ada masalah.Bahkan saya sempet ledekin petugas cek in nya,koq ribet kali seh ngecek dokumen saya(tentu sambil senyum-senyum),trus di jawab sama petugas nya...iya nih,soal nya ketentuan nya dari imigrasi India begitu khusus untuk yg mau menggunakan fasilitas VOA India. Tapi ndak bagi WNI yg sudah punya Visa,soal nya ketika cek in,ndak di tanyakan bookingan hotel,transport,uang tunjuk dan sbg nya.

Untuk menuju Manila dan ketika cek in harus menunjukkan tiket keluar manila nya mana,memang mungkin aturan untuk masuk ke negara Phillipina seperti,harus punya tiket untuk keluar negara tsb. Pengalaman beberapa kali ke sana,baik di Jakarta dengan Jetstar dan Phillipines Airlines,saya selalu di minta menunjukkan bukti untuk keluar negara tsb.

Mungkin cuma perasaan Mas Guztuz ajah merasa di "rese" kan...tapi pengalaman ketika Boss saya yg orang Kanada berkunjung ke Indonesia melalui Singapore,kebetulan saya menemani...ketika cek in di singapore,dia juga di tanyakan...tiket untuk keluar Indonesia nya mana? ya bagus kita sudah punya print tiket untuk masuk dan keluar Indonesia,jadi ya tinggal tunjukkan saja! :)





From: "guztuz@yahoo.com" <guztuz@yahoo.com>
To: backpackerdunia@yahoogroups.com
Sent: Monday, 11 March 2013, 0:44
Subject: Re: [backpackerdunia] Bedanya AA dan (kurangnya) Tiger/Mandala dalam hal Customer Care

 
Beware dengan airasia, kalo boarding di LCCT:
1. Keterlambatan penerbangan,ganti pesawat, delay sekian jam, komplain, gak bakal ditanggapi, anda akan dioper kesana kemari.
2.Memeriksa dok perjalanan lebih dari imigrasi tanpa toleransi dan kurang paham aturan, ke india di tanya visa, padahal sudah voa untk wni,
Ke manila, ditanya tiket keluar dr manila, padahal sy dr manila mo ke korea.
Terpaksa nyari print untuk cetak tiket manila-korea.
Kalau punya bujet lebih hindari airasia di LCCT, suka reseh sama WNI.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

From: Imel Melda <meldawati@yahoo.com>
Sender: backpackerdunia@yahoogroups.com
Date: Fri, 8 Mar 2013 18:44:49 -0800 (PST)
To: backpackerdunia@yahoogroups.com<backpackerdunia@yahoogroups.com>
ReplyTo: backpackerdunia@yahoogroups.com
Subject: Re: [backpackerdunia] Bedanya AA dan (kurangnya) Tiger/Mandala dalam hal Customer Care

 

Saya lebih baik naik Air Asia lebih aman, dan managementnya bagus..
Semua profiesional walaupun kita komplain bagaimanapun Air asialah yang baik





From: Stefanus A Wartono <sta@wartono.com>
To: backpackerdunia@yahoogroups.com; ibackpackerclub@yahoogroups.com
Sent: Saturday, March 9, 2013 9:28 AM
Subject: [backpackerdunia] Bedanya AA dan (kurangnya) Tiger/Mandala dalam hal Customer Care

Menyambung kejadian musibah yang menimpa rekan kita dengan pesawat
Mandala/Tiger sesuai cerita di

http://www.facebook.com/notes/windy-krishtanti/katakan-tidak-pada-tiger-airways-mandala-air/10151451923874901

dan

http://m.facebook.com/note.php?note_id=10151456998174901&p=10&refid=22

saya ingin berbagi juga pengalaman dengan mandala/Tiger.
--------------------------------------------------------
MORAL of THE STORY:

Kalau kita pakai budget airlines, harap SELALU PERIKSA secara BERKALA,
apakah JADWAL-nya MASIH ADA, apalagi kalau kita booking untuk jadwal
perjalanan yang masih lama.

--------------------------------------------------------

  * Saya booking (16 orang) Mandala/Tiger, RI-705, sejak 9 Okt 2012
    untuk penerbangan tgl 4 April 2013, tujuan Kul-Jkt.
  * Ketika ada tambahan 1 orang lagi pada tgl 1 Feb 2013, saya baru tahu
    kalau ternyata flight RI-705 ditutup dan tidak ada lagi dalam jadwal
    di booking on-line. Ternyata jadwal RI-705 hanya ada hingga 28 Feb
    saja, dan mulai 1 Mar tidak ada lagi.
  * Keesokan harinya saya langsung ke Ticket Office Mandala/Tiger di T3.
    Dari situ saya diberi alamat e-mail staf Mandala untuk menyampaikan
    masalah saya. Saya minta telepon dan lokasi kantornya (di Kompleks
    Suwarna di area Bandara) tapi tidak diberikan
  * Lalu saya e-mail ke mereka menyampaikan permasalahan tersebut dan
    kemudian mendapat balasan kalau proses pembatalan dan refund akan
    diproses dalam waktu 3-4 minggu
  * Dan akhirnya pada tagihan CC bulan Maret ini, terlihat refund dari
    Mandala/Tiger sudah masuk 4 buah dari 7 booking yang saya miliki.
    Mungkin yang 3 lagi akan masuk pada tagihan berikutnya.
  * UNTUNG saya TAHU lebih awal sehingga saya bisa BOOKING AA dan malah
    kebetulan dapat tiket yang lebih murah karena pas dengan promo AA.
    Seandainya saya tahunya ketika sudah mepet kan bisa jantungan tho ....

Seajuh pengalaman ini, proses refund sudah baik namun satu hal yang saya
masih merasakan KURANGNYA PERHATIAN dari pihak MANDALA/TIGER adalah
TIDAK MEMBERITAHU pelanggan atas pembatalan jadwal ini.
Pembatalan jadwal ini bukan pembatalan mendadak karena kesalahan teknis
atau kerusakan pesawat tetapi karena memang jadwal ini ditutup mulai 1
Maret 2013.

Saya bisa bandingkan dengan Air Asia, denganpengalaman tahu lalu ketika
saya punya tiket di bulan Juni 2012. Sekitar awal Mei tiba-tiba ada
pemberitahuan dari AA melalui e-mail dan sms bahwa flight saya mengalami
perubahan jadwal, maju 1 jam, dan saya diminta untuk menghubungi CS
untuk melakukan konfirmasi atas perubahan tersebut.

Jadi, intinya:
- AA segera memberitahu pelanggan bila terjadi perubahan
- Mandala/Tiger diam saja, entah kapan mau diberitahu, atau mungkin
dibiarkan pelanggan cari tahu sendiri.

MORAL of THE STORY:
Kalau kita pakai budget airlines, harap SELALU PERIKSA secara BERKALA,
apakah JADWAL-nya masih ada, apalagi kalau kita booking untuk jadwal
perjalanan yang masih lama.

Pengalaman dengan LION:

  * Sejak Sep 2012 saya booking Lion Air (24 orang) untuk penerbangan
    Jkt-Kul bulan Juni 2013
  * Tiba-tiba di bulan Nov ketika ada tambahan teman yang akan ikut,
    jadwal pada jam tersebut "hilang", jadwal pada jam lainnya ada
  * Saya pergi ke Kantor pusat Lion di jalan Gajahmada, ingin ketemu
    engan supervisornya tetapi dia tidak mau menemui dan hanya bisa
    melalui petugas loket
  * Berhubung masih lama, maka saya pikir nanti saja sekitar Feb 2013
    baru saya akan berupaya bertemu dengan Manajernya (sembari cari
    teman yang punya akses ke sana)
  * Eh ... ternyata di bulan Feb 2013 jadwal tersebut muncul lagi dan
    saya coba melakukan booking lagi untuk 1 teman yang memang belum
    dibelikan tiketnya. Ternyata bisa.
  * nah, sekarang setiap 2 minggu sekali selalu periksa jadwal-jadwal
    yang sudah di-booking supaya jangan sampai ketinggalan "berita"



------------------------------------

Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/backpackerdunia/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/backpackerdunia/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    backpackerdunia-digest@yahoogroups.com
    backpackerdunia-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    backpackerdunia-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://docs.yahoo.com/info/terms/





__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (16)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments: